PROPOSAL POP ICE
RENCANA
STRATEGIS
POP
ICE BIASA TAPI SEGAR
DI
SUSUN :
O
L
E
H
LISMAYANI
14120019
UNIVERSITAS ABULYATAMA
FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN AKUNTANSI TAHUN AJARAN
2017-2018
Segala puji bagi Allah
SWT. dzat yang Maha Sempurna, Maha Pencipta dan Maha Penguasa segalanya, karena hanya dengan ridho-Nya penulis dapat menyelesaikan tugas manajemen
strategis ini sesuai dengan apa
yang diharapkan yaitu tentang “(PENJUALAN
POP ICE YANG SEDERHANA INI).”.
suatu usaha ini sengaja disusun untuk memenuhi tugas
mata kuliah “manajenen strategis” dan ini bukan
untuk memenuhi tugas saja tapi untuk rencana saya usaha dari proses pembuka
usaha saya.
Tidak lupa penulis sampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak
yang turut berpartisipasi dalam proses penyusunan tugas ini, karena penulis sadar sebagai makhluk sosial penulis tidak bisa berbuat banyak tanpa ada interaksi dengan orang lain dan tanpa adanya bimbingan,
serta rahmat dan karunia dari–Nya.
Penulis berharap agar mahasiswa khususnya, dan umumnya dari para pembaca dapat memberikan kritik
yang positif dan saran untuk kesempurnaan rencana proses penjualan ini.
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
Pop ice merupakan salah satu makanan khas bagi anak-anak dan
dewasa, di Indonesia sendiri khususnya di kota kota besar terdapat penjual pop
ice yg tidak sehat, oleh karena itu kami akan menciptakan pop ice dgn inovasi
rasa terbaru, halal, dan terjamin keamanan kesehatan produk. Pop ice biasanya
hanya ada di warung dan di sekolah- sekolah, sehingga setiap harinya orang
jarang mengonsumsi pop ice, dan hanya kalangan anak-anak saja.
Dengan pertimbangan diatas dan karena untuk menumbuhkan
suatu kreatifitas dikalangan siswa akhirnya kami sepakat untuk menginovasi
minuman sehat. dengan harapan selain untuk menghapuskan kesan rasa yang
biasa-biasa saja dan juga untuk meningkatkan penjualan minuman sehat dan dapat
dinikmati banyak orang.
Usaha
ini belum banyak dikembangkan dikarenakan orang banyak yang belum pernah
menginovasikan pop ice dan kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya
kesehatan makanan atau minuman yg kita konsumsi. Dan di sajikan dgn berbagai
macam rasa.
Tujuan
dari usaha ini adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi
angka pengangguran, menumbuh kembangkan budaya kewirausahaan dikalangan siswa
untuk mendorong terciptanya wirausaha baru. Serta mengoptimalkan peluang usaha
dibidang kuliner.
v RENCANA
PENDIRIAN SUATU USAHA
Dengan
mendirikan usaha skala kecil dan nantinya apabila usaha ini dapat berjalan
dengan lancar dan dikembangkan hingga luar daerah.
v SASARAN
DAN TARGET
Agar
dapat memberikan kepada masyarakat minuman murah dan berkualitas serta aman
untuk di konsumsi. Dan dapat memperoleh keuntungan agar usaha ini dapat
berkembang.
v NAMA
USAHA
· Pop
ice biasa tapi seger
· Pop
ice rasa beraneka
· Menu
utama pop ice segar
1.3 VISI DAN MISI
· Visi
1.
Yaitu menghasilkan produk minuman murah
yang layak di konsumsi, Aman, dan berkualitas.
· Misi
1.
Menghasilkan
produk minuman yg murah.
2.
Aman
untuk di konsumsi.
3.
Dan
layak untuk masyarakat menengah atas dan bawah.
v TEMPAT
§ Blang
padang jalan banda aceh medan
BAB II
SITUASI DAN
PERSAINGAN
Dengan
situasi seperti sekarang ini banyak makanan ataupun minuman yang tidak layak
untuk di konsumsi dan hanya di nikmati masyarakat menengah ke bawah. Oleh
karena itu kami menciptakan usaha ini agar dapat menciptakan makanan yg layak
di komsumsi.
Pada
saat sekarang ini persaingan sangat minim karena banyak orang yang kurang sadar
akan kesehatan dan kelayakan pada makanan.
§ Melalui poster.
§ Melalui online.
§ Melaui Pemesanan.
v POP
ICE segar : hanya Rp. 5000 saja
BAB III
RENCANA
PEMASARAN
Produksi
: pop ice biasa tapi segar
1.
Modal Awal
v Peralatan
yang mungkin sudah ada
1. Blender
2
2. Termos
es
3. Meja
1
4. Gallon
air
v untuk
pembelian bahan jual
1. pop
ice 5 macam untuk percobaan
Rp.50.000
2. gula
1kg
Rp.18.000
3. susu
coklat 1 kaleng
Rp.9000
4. susu
putih 1 kaleng
Rp.9000
5. es
batu Rp.10.000
6. mises
Rp.5000
7. gelas
plastic Rp.10.000
8. pipet/sedotan
Rp.10.000
Rp.121.000
v HASIL
PENJUALAN SETIAP HARI RP.5000/GELAS
2.
Pengeluaran tetap
1. Pop
ice
2. Gula
3. Susu
coklat/putih
4. Es
batu
5. Mises
6. Gelas
plastic
7. Sedotan
3.
keuntungan
maka akan memperoleh keuntungan yang
melebihi modal, mungkin rencana usaha ini yang akan saya kembangkan nantinya.
BAB IV
PENUTUP
Berdasarkan hasil penilitian yang saya ketahui dapat
menyimpulkan, bahwa dalam penjualan pop ice mendapatkan keuntungan yang
lumayan. Pop ice
tersebut memberikan manfaat bagi masyarakat disekitar, terutama di lingkungan
rumah dan pasar-pasar tradisional. Pop ice dapat dengan mudah diterima dengan harga
yang relatif murah, dan proses pembuatan pop ice relatif mudah dan peralatan
yang dibutuhkan pun relatif sederhana sehingga untuk
memulai usaha ini tidak memerlukan biaya investasi yang
besar
( lumayanlah dalam perkiraan).
Pop ice ini dibuat
dengan pembuatan yang berbeda dengan rasa yang beraneka macam agar orang yang
menyukai makanan ini tidak merasa bosan.
Produsen juga harus memikirkan kesehatan konsumen, tidak
harus mendapat keuntungan yang besar dan tidak harus mematok harga
setinggi-tingginya.
Dalam pembuatan pop ice produsen tidak boleh berbuat
curang dengan menggunakan bahan-bahan pengawet yang berbahaya. Tetapi dalam
pembuatan pop ice ini bahan-bahan tersebut tidak dipakai agar pop ice yang
dihasilkan dapat bermutu baik, dapat terjaga kualitas, dan kesehatannya.
PESAN: jika usaha kita ingin
sukses apapun itu kita harus mulai kerja keras mulai dari sekarang dan jika
suatu usaha yg kita lakukan tidak dengan kerja keras niscaya dia itu takkan menjadi pengusaha yg
sukses.
Silahkan komentar bila ada kesilapan
BalasHapusuntungny brpa mba,dn shri lkunya brp sset
BalasHapusDovo TINY BALANCE - TITAL POKER - Titanium Bones
BalasHapusDovo TINY BALANCE. 4.1oz. titanium quartz crystal Dovo TINY BALANCE. titanium wedding ring 4.2oz. Dovo TINY BALANCE. $8.49. Dovo ford edge titanium TINY BALANCE. 3.2oz. Dovo titanium vs steel TINY BALANCE. $7.75. titanium jewelry