PROPOSAL POP ICE


RENCANA STRATEGIS
POP ICE BIASA TAPI SEGAR
DI SUSUN :
O
L
E
H
LISMAYANI
14120019
UNIVERSITAS ABULYATAMA
FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN AKUNTANSI TAHUN AJARAN
2017-2018


Segala puji bagi Allah SWT. dzat yang Maha Sempurna, Maha Pencipta dan Maha Penguasa segalanya, karena hanya dengan ridho-Nya penulis dapat menyelesaikan tugas manajemen strategis ini sesuai dengan apa yang diharapkan yaitu tentang “(PENJUALAN POP ICE YANG SEDERHANA INI).”. suatu usaha ini sengaja disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah “manajenen strategis” dan ini bukan untuk memenuhi tugas saja tapi untuk rencana saya usaha dari proses pembuka usaha saya.
Tidak lupa penulis sampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dalam proses penyusunan tugas ini, karena penulis sadar sebagai makhluk sosial penulis tidak bisa berbuat banyak tanpa ada interaksi dengan orang lain dan tanpa adanya bimbingan, serta rahmat dan karunia dari–Nya.
Penulis berharap agar mahasiswa khususnya, dan umumnya dari para pembaca dapat memberikan kritik yang positif dan saran untuk kesempurnaan rencana proses penjualan ini.







DAFTAR ISI






BAB I

PENDAHULUAN

Pop ice merupakan salah satu makanan khas bagi anak-anak dan dewasa, di Indonesia sendiri khususnya di kota kota besar terdapat penjual pop ice yg tidak sehat, oleh karena itu kami akan menciptakan pop ice dgn inovasi rasa terbaru, halal, dan terjamin keamanan kesehatan produk. Pop ice biasanya hanya ada di warung dan di sekolah- sekolah, sehingga setiap harinya orang jarang mengonsumsi pop ice, dan hanya kalangan anak-anak saja.
Dengan pertimbangan diatas dan karena untuk menumbuhkan suatu kreatifitas dikalangan siswa akhirnya kami sepakat untuk menginovasi minuman sehat. dengan harapan selain untuk menghapuskan kesan rasa yang biasa-biasa saja dan juga untuk meningkatkan penjualan minuman sehat dan dapat dinikmati banyak orang.
            Usaha ini belum banyak dikembangkan dikarenakan orang banyak yang belum pernah menginovasikan pop ice dan kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan makanan atau minuman yg kita konsumsi. Dan di sajikan dgn berbagai macam rasa.


Tujuan dari usaha ini adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi angka pengangguran, menumbuh kembangkan budaya kewirausahaan dikalangan siswa untuk mendorong terciptanya wirausaha baru. Serta mengoptimalkan peluang usaha dibidang kuliner.

v RENCANA PENDIRIAN SUATU USAHA
Dengan mendirikan usaha skala kecil dan nantinya apabila usaha ini dapat berjalan dengan lancar dan dikembangkan hingga luar daerah.
v SASARAN DAN TARGET
Agar dapat memberikan kepada masyarakat minuman murah dan berkualitas serta aman untuk di konsumsi. Dan dapat memperoleh keuntungan agar usaha ini dapat berkembang.

v NAMA USAHA
·       Pop ice biasa tapi seger
·       Pop ice rasa beraneka
·       Menu utama pop ice segar

1.3 VISI DAN MISI

·       Visi
1.      Yaitu menghasilkan produk minuman murah yang layak di konsumsi, Aman, dan berkualitas.

·       Misi
1.     Menghasilkan produk minuman yg murah.
2.     Aman untuk di konsumsi.
3.     Dan layak untuk masyarakat menengah atas dan bawah.

v TEMPAT
§  Blang padang jalan banda aceh medan







BAB II

SITUASI DAN PERSAINGAN

Dengan situasi seperti sekarang ini banyak makanan ataupun minuman yang tidak layak untuk di konsumsi dan hanya di nikmati masyarakat menengah ke bawah. Oleh karena itu kami menciptakan usaha ini agar dapat menciptakan makanan yg layak di komsumsi.

Pada saat sekarang ini persaingan sangat minim karena banyak orang yang kurang sadar akan kesehatan dan kelayakan pada makanan.

§  Melalui poster.
§  Melalui online.
§  Melaui Pemesanan.

v POP ICE segar : hanya Rp. 5000 saja




BAB III

RENCANA PEMASARAN

Produksi : pop ice biasa tapi segar

1.     Modal Awal
v Peralatan yang mungkin sudah ada
1.      Blender 2
2.      Termos es
3.      Meja 1
4.      Gallon air
v untuk pembelian bahan jual
1.      pop ice 5 macam untuk percobaan           Rp.50.000
2.      gula 1kg                                                   Rp.18.000
3.      susu coklat 1 kaleng                                 Rp.9000
4.      susu putih 1 kaleng                                  Rp.9000
5.      es batu                                                       Rp.10.000
6.      mises                                                         Rp.5000
7.      gelas plastic                                               Rp.10.000
8.      pipet/sedotan                                             Rp.10.000
 Rp.121.000

v  HASIL PENJUALAN SETIAP HARI RP.5000/GELAS

2.     Pengeluaran tetap
1.      Pop ice
2.      Gula
3.      Susu coklat/putih
4.      Es batu
5.      Mises
6.      Gelas plastic
7.      Sedotan



3.     keuntungan
maka akan memperoleh keuntungan yang melebihi modal, mungkin rencana usaha ini yang akan saya kembangkan nantinya.









BAB IV

PENUTUP

Berdasarkan hasil penilitian yang saya ketahui dapat menyimpulkan, bahwa dalam penjualan pop ice mendapatkan keuntungan yang lumayan. Pop ice tersebut memberikan manfaat bagi masyarakat disekitar, terutama di lingkungan rumah dan pasar-pasar tradisional. Pop ice dapat dengan mudah diterima dengan harga yang relatif murah, dan proses pembuatan pop ice relatif mudah dan peralatan yang dibutuhkan pun relatif sederhana sehingga untuk memulai usaha ini tidak memerlukan biaya investasi yang besar ( lumayanlah dalam perkiraan). Pop  ice ini dibuat dengan pembuatan yang berbeda dengan rasa yang beraneka macam agar orang yang menyukai makanan ini tidak merasa bosan.

Produsen juga harus memikirkan kesehatan konsumen, tidak harus mendapat keuntungan yang besar dan tidak harus mematok harga setinggi-tingginya.
Dalam pembuatan pop ice produsen tidak boleh berbuat curang dengan menggunakan bahan-bahan pengawet yang berbahaya. Tetapi dalam pembuatan pop ice ini bahan-bahan tersebut tidak dipakai agar pop ice yang dihasilkan dapat bermutu baik, dapat terjaga kualitas, dan kesehatannya.

PESAN: jika usaha kita ingin sukses apapun itu kita harus mulai kerja keras mulai dari sekarang dan jika suatu usaha yg kita lakukan tidak dengan kerja keras niscaya dia itu takkan menjadi pengusaha yg sukses.

Komentar

  1. Silahkan komentar bila ada kesilapan

    BalasHapus
  2. untungny brpa mba,dn shri lkunya brp sset

    BalasHapus
  3. Dovo TINY BALANCE - TITAL POKER - Titanium Bones
    Dovo TINY BALANCE. 4.1oz. titanium quartz crystal Dovo TINY BALANCE. titanium wedding ring 4.2oz. Dovo TINY BALANCE. $8.49. Dovo ford edge titanium TINY BALANCE. 3.2oz. Dovo titanium vs steel TINY BALANCE. $7.75. titanium jewelry

    BalasHapus

Posting Komentar